Rilis VectorLinux 6.0 “Voyager”


Setelah mengalami beberapa tahapan pengembangan yang cukup lama-ada beberapa tahapan RC yang dilewati oleh VectorLinux untuk rilis kali ini-akhirnya penantian fans VectorLinux terjawab sudah. Tanggal 22 Februari 2009 kemarin VectorLinux 6.0 dengan nama kode “‘Voyager” secara resmi dirilis.

Rilis 6.0 ini merupakan pencapaian yang cukup radikal untuk distro berusia 10 tahun ini. Proses instalasi berbasis GUI dan kelengkapan repository yang mencakup ribuan paket aplikasi merupakan bonus rilis yang cukup istimewa. Saya mengenal VectorLinux saat mencari distro yang bagus namun tetap ringan disekitar tahun 2006. Kehadiran Kocil, salah satu pengembang VectorLinux dari Indonesia merupakan alasan lain mengapa saya tertarik menggunakannya. VectorLinux sendiri dikenal sebagai distro yang cukup cepat dikelasnya, dengan visi menghadirkan distro Linux yang indah, stabil dan cepat.

Desktop utama berbasis Xfce-4.4.3 dengan modifikasi themes dan artwork. Penggunaan Xfce ini merupakan salah satu alasan mengapa VectorLinux lebih cepat dibandingkan distro besar lainnya yang indah dan berbasis KDE atau Gnome. Bagi fans KDE, tersedia juga desktop environment LXDE sebagai pilihan desktop yang tersedia.

VectorLinux sudah menyediakan paket library DVD playback, Audio-Video Codecs, Multimedia dan Java plugins yang sudah terinstal dan berjalan out of the box secara default. VectorLinux 6.0 juga menyertakan paket aplikasi standar seperti : Gimp, Inkscape, Gtkam, Gqview dan Xpdf untuk aplikasi grafis; Firefox, Opera, Dillo dan Seamonkey untuk browser; aMsn, Pidgin dan Xchat untuk Instant Messenger; K3b dan vburn untuk burning CD/DVD; Mplayer, XMMS, Xine dan VLC untuk entertainment dan musik. Khusus untuk aplikasi office, tersedia Gnumeric, Abiword dan Scribus.

Tertarik untuk menggunakannya ? Silakan download file iso VectorLinux 6.0 “Voyager”

0 komentar:

Posting Komentar

 
Cebong`s Notez
---- groby mungil. Green World Blogger Template---- © Template Design by Herro